Jelajahi beragam Kultur Budaya

Begini Cara Efektif Membersihkan Aksesoris Kolam Renang

Kontraktor kolam renang – Setiap kolam renang pasti memiliki banyak aksesoris kolam renang yang membuat kolam dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Salah satunya adalah mesin filter. Mesin filter atau penyaring dimanfaatkan untuk menyaring dan memisahkan air kolam dengan kotoran yang ada.

Saat membangun kolam renang, kontraktor kolam renang pasti sudah melengkapi dengan mesin filter atau mesin penyaring ini. Kontraktor kolam renang biasanya juga akan memberi saran mengenai cara perawatan aksesoris kolam renang. Dengan begitu Anda akan dimudahkan dengan pelayanan dari kontraktor kolam renang tentunya.

Biasanya mesin filter dari kontraktor kolam renang dapat menyaring kotoran yang kecil seperti daun kecil ataupun debu yang menggumpal. Apabila mesin filter ini berjalan dengan baik, maka air pada kolam renang akan tetap bersih dan jernih. Seperti mesin pada umumnya, mesin filter perlu dirawat agar tetap awet dan bisa bekerja lebih lama. Di dalam mesin filter biasanya mengandung pasir silica. Pasir silica itulah yang bertugas menyaring air dari kotoran.

Tips Membersihkan Mesin Filter pada Kolam

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membersihkan mesin filter pada kolam, diantaranya :

 

  • Mematikan mesin vacum

 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan mesin filter dalam keadaan off (mati). Hal itu nantinya akan mempengaruhi proses pembersihan mesin filter. Jika mesin masih dalam keadaan on (hidup) maka masih ada aliran air dan pembersihan mesin filter kurang maksimal.

 

  • Memastikan sudah melalui proses vacum

 

Langkah kedua, memastikan bahwa letak handle filter yang berada di posisi backwash, sudah melalui proses vacum sebelumnya.

 

  • Mencuci mesin filter

 

Langkah ketiga, cucilah mesin filter atau mesin penyaring dengan baik. Proses pembersihan dapat dilakukan dengan cara membalik aliran air dari arah bawah menuju ke arah atas. Sehingga kotoran di dalam mesin filter bisa keluar sehingga pasir di dalam mesin filter kembali bersih dan siap digunakan kembali. Teknik tersebut dinamakan dengan backwash.

 

  • Menyalakan pipa

 

Langkah selanjutnya, memastikan pipa vacum (khusus untuk kolam renang jenis over flow) dan pipa skimmer box dalam keadaan on (hidup). Lalu off-kan aliran pada pipa maindraint yang berada di dasar kolam.

 

  • Mematikan pipa balancing

 

Langkah selanjutnya, matikan pula pipa balancing untuk kemudian diposisikan menuju pipa pembuangan. Pipa pembuangan atau yang biasa disebut dengan waste on. Mesin waste on berfungsi sebagai saluran untuk membuang air pada saat disaring di proses backwash.

 

  • Menyalakan mesin

 

Jika langkah ke satu hingga ke enam sudah dilakukan, langkah selanjutnya menyalakan mesin dan perhatikan mesin filter pada kolam renang.

Itulah enam cara mudah untuk merawat aksesoris kolam renang yaitu mesin filter atau penyaring. Lakukan cara diatas dengan runtut dan rutin agar kolam renang tetap bersih. Anda juga bisa menanyakan secara langsung kepada tenaga kontraktor kolam renang.